Testimonial

Eryck Septian

Eryck Septian

T-Kurs at Studienkolleg München

Nama saya Eryck. Dulu saya belajar Bahasa Jerman di OptimalStudia sebagai salah satu persiapan saya melanjutkan studi di Jerman. Meskipun guru-guru disana bukan orang Jerman, kemampuan mereka dalam berbahasa Jerman sangat baik dan saya belajar banyak dari mereka. Bukan hanya Bahasa Jerman, mereka juga membantu saya dalam persiapan kuliah ke Jerman (OptimalStudia bukan agen dan tidak memungut biaya tambahan). Saya belajar banyak hal dari sini. Danke, OptimalStudia !

Lennard Brilliant

Lennard Brilliant

SMA Santa Laurensia

OptimalStudia adalah tempat yang sangat mendukung pembelajaran Bahasa baru berdasarkan minat maupun tuntutan pembelajaran lainnya. Materi pelajaran diberikan secara terstruktur dengan sangat baik berdasarkan buku pedoman yang jelas dan sisanya tergantung dari ketekunan pelajar.

Michelle Christabelle

Michelle Christabelle

Studies Wirtschaft Mathematic at TU Berlin

Aku enjoy dan seneng pas aku les di OptimalStudia. Menurut aku guru-gurunya baik semua dan sabar. Mereka ngajar murid-muridnya detail sampe muridnya mengerti dan bisa. Terus mereka juga percaya sama muridnya kalo muridnya itu bisa. Kalo ga ada mereka aku ga bakalan bisa Bahasa Jerman dan ke Jerman.

Ary Karnali

Aryanto Karnali

Franchise Panorama Tour

Di OptimalStudia saya belajar menulis surat dengan benar. Dan membaca dengan intonasi yang benar juga. Kelasnya juga fun karna diselingi oleh games juga. Kita juga belajar tentang kultur Jerman dari guru-gurunya. Dan belajar presentasi dengan benar. Stafnya sangat membantu.

Stevian Dean

Stevian Dean

Studies Elektrotechnik und Informations Technik at Technische Universität München

Belajar Bahasa Jerman di OptimalStudia itu asik, gurunya baik-baik sabar mengajari saya yang awalnya gak bisa Bahasa Jerman sama sekali. Banyak latihan juga dari Hören, Sprechen, Lesen, Schreiben, yang bikin kita makin lancar dalam belajar Bahasa Jerman.

Joshua Puglisi

Joshua Puglisi

T-Kurs at Studienkolleg Indonesia

Pengalaman saya selama mengikuti kursus Intensif B1 terus terang menyenangkan. Suasana kelas yang aktif sangat membantu dalam perkembangan Bahasa Jerman saya, dan saya bisa berbagi visi dan misi dengan teman sekelas yang juga berkeinginan untuk sekolah di Jerman. Dan juga berkat bimbingan guru OptimalStudia dan cara mengajar yang sangat baik, saya mampu meraih nilai “sehr gut” pada ujian B1 saya Oktober lalu.

Giovani Biga

Giovani Biga

Studies Classical Violin Performance at Hochschule für Musik Detmold

Semua guru di OptimalStudia benar-benar sudah sangat berpengalaman. Bukan malah membuat saya malu atau minder, malah sebaliknya, saya dibuat sangat termotivasi untuk belajar di kelas. Mereka juga tidak hanya membantu saya dalam bidang bahasa, tetapi juga memberikan saya banyak gambaran tentang kehidupan dan budaya di Jerman. Semua itu membuat saya tidak kaget saat pertama kali sampai di Jerman.

Hansen Chitrahadi

Hansen Chitrahadi

internship at AgeExplorer Institute, Saarbrücken

Nama saya Hansen Chitrahadi, salah seorang mahasiswa di universitas Swiss German University. Salah satu program dari Universitas tempat saya belajar adalah untuk melakukan magang (internship) di Jerman, sehingga mengharuskan saya untuk bisa berbahasa Jerman dengan baik. Dengan mengikuti pelajaran di OptimalStudia, saya mendapatkan banyak hal penting yang patut untuk diketahui selama berada di Jerman. Hal yang paling unik adalah, pada kelas conversation yang saya ikuti, OptimalStudia mendatangkan secara langsung orang asli dari Jerman untuk mengajar (Wow!). Kita diajak untuk berbahasa Jerman selama satu stengah jam penuh dan alhasil sekarang bahasa Jerman saya menjadi lancar. Vielen dank OptimalStudia! Ohne OptimalStudia kann ich nicht gut Deutsch sprechen!

Florence Ignatia

Florence Ignatia

Saya mengikuti kursus bahasa Jerman di OptimalStudia sejak tahun 2013, dari level A1-B1.2 sampai kelas Konversation (1 and 2) juga saya ikuti. Pengajar yang seru, materi yang unik, dan juga aktivitas belajar mengajar yang menyenangkan, membuat saya betah dan merasa OptimalStudia sudah menjadi bagian dari keluarga saya. Senang rasanya bisa mempunyai banyak kenalan baru, dan juga punya teman-teman pengajar yang selalu ada untuk kami. Ketika saya sudah di Jerman pun, saya merasakan manfaat dari kursus saya selama ini, terutama dari kelas Konversation yang melatih keberanian saya untuk berbincang-bincang dalam bahasa Jerman. Tidak hanya dalam segi bahasa, namun pengenalan akan kultur dan budaya Jerman yang dibahas di kelas pun amat berguna bagi kehidupan saya di Jerman. Vielen Dank OptimalStudia atas pengajaran dan juga kebersamaannya selama ini :) Saya berharap OptimalStudia dapat terus menjadi wadah bagi banyak orang untuk belajar Bahasa dan sukses selalu! Liebe Grüße von Deutschland.

farhan

David Wanasuria

Ich bedanke mich sehr für den Vorbereitungkurs auf Feststellungsprüfung im OptimalStudia Indonesia. Ich bekomme viele Übungen für die Feststellungsprüfung bei Deutsch. Auch hier lerne ich, wie man Vortrag hält, wie man ein Schaubild beschreibt, was für das Studium später wichtig ist. Ich war sehr sicher, dass ich die Prüfung bestehen könnte. Und das Ergebnis: Ich bekomme gute Note.

farhan

Farhan Rafdionza

Ich habe viel vom Deutschkurs im OptimalStudia bekommen. Tipps und Tricks für Schreiben, LV, HV und Vortrag, "Leitfaden"zum studieren in Deutschland, u.a. Wegen der Übungen im Kurs sind meine Noten im Studienkolleg gestiegen und ich habe die Feststellungsprüfung mit gutem Erfolg bestanden. Die Lehrerinen sind auch sehr freundlich, als ob wir ihre Kumpels wären. Ich bekomme die Fähigkeit, wie man etwas auf Deutsch sagt und denkt.

Für wen in Deutschland studieren möchte, ist ein Deutschkurs an OptimalStudia eine gute Entscheidung.

jeremy

Jeremy Christopher

(18 tahun)

Saya mengikuti kursus bahasa Jerman karena saya memerlukan dasar yang kuat untuk ujian. Belajar bersama OptimalStudia sangat membantu saya, terutama untuk menulis teks dalam bahasa Jerman. Saya merasa sangat terbantu, terutama saat saya menghadapi Feststellungspruefung yang merupakan ujian akhir Studienkolleg, banyak pengalaman yang menyenangkan saat mengikuti kursus di OptimalStudia, dan kami juga mendapat masukan-masukan yang berguna dari para pengajar. Terima kasih kepada Frau Anti dan Frau Widi, sekarang saya sudah dapat mengikuti kuliah di Jerman

Rahmita Febria

(25 tahun)

Mein Name ist Rahmita Febria Dwian Syah Djanan. Ich bin 25 Jahre alt. Ich wohne in Serpong.

Aku ambil Deutschkurs karena memang pengen belajar Bahasa Jerman dan mau jadi Au Pair. Dan selama aku ambil Deutschkurs.....aku bener2 seneng bgt bisa belajar bahasa jerman dan nambah ilmu bgt bwt aku sendiri. Apalg bisa nambah temen banyak termasuk para guru2 yg ngajar (Frau). Mereka asyik2 dan mereka bener2 membantu aku untuk bisa Bahasa Jerman. Mereka juga selalu memotivasi aku untuk bisa dan berusaha.

Ternyata belajar Bahasa Jerman itu lumayan susah, lumayan mudah dan pastinya menyenangkan. Dan bermanfaat bgt untuk aku sendiri. Skrng aku gak hanya bisa bahasa inggris saja tapi Bahasa Jerman juga duonk....hehehehehehehehe.

Tius

(8 tahun)

Aku memiliki keinginan untuk kuliah di Jerman. “Sekarang belajar Bahasa Jerman dulu.” kata mama. Aku menikmati belajar Bahasa Jerman. Mama mendaftarkan les Bahasa Jerman di S2G. Cara guru mengajar bagus. Buatku, hari Sabtu tidak indah kalau tidak belajar Bahasa Jerman, hehehe..

Yonatan

(13 tahun)

Sebuah liburan akhir tahun yang tidak akan pernah aku lupakan. Liburan ini dirancang mama, agar aku menggunakan Bahasa Jerman di Jerman, karena aku pernah les privat di Step to Germany. Selain itu, aku kan les piano dan biola di Jakarta, jadi di Jerman bisa melihat langsung konser musik klasik. Selain ke Jerman, aku juga ke Vienna dan mengunjungi Mozart Geburtshaus (Museum Mozart) di Salzburg, Austria.

Jevonda

(14 tahun)

Aku ingin belajar Bahasa Jerman sebagai bahasa asing selain Bahasa Inggris. Mama pun mendukung karena ia juga ingin aku sekolah di Jerman. Menurutku, les Bahasa Jerman di S2G itu menyenangkan. Pelajaran jadi tidak terasa sulit, bahkan suasana belajar jadi seru dan gurunya menyenangkan!

Jeri

(19 tahun)

Dengan bantuan S2G, kini aku sudah berada di Jerman dan siap untuk kuliah. Belajar Bahasa Jerman di S2G friendly dan komunikatif, sehingga mudah dimengerti. Mulai dari di Jakarta hingga aku tetap menjalin komunikasi dengan guru-guruku di Step to Germany.

Rossy

(16 tahun)

Saya awalnya les Jerman di S2G karena mau pertukaran pelajar ke Swiss tapi belum punya basic Jerman. Dalam waktu yg sempit, cuma sekitar 2 bulan, saya harus belajar Jerman sebanyak-banyaknya supaya ga "blank" waktu nyampe di sana. Tapi untungnya secara kebetulan saya ketemu S2G dan untungnya lagi les Jerman di S2G bisa diatur supaya intensif (hampir setiap hari) dengan guru privat yang dateng ke rumah.
Waktu les Jermannya mulai, saya langsung ngerasa bakal asik nih. Padahal dua tahun yg sebelumnya saya pernah ambil juga kelas Jerman seminggu sekali dan ga bertahan lama karena saya cepat bosan, sekarang saya malah semangat banget belajarnya:). Guru2 saya baik2 banget dan buku pelajarannya lucu! Ditambah lagi banyak ide2 kreatif seperti permainan2, nonton video interaktif, latihan listening dari cd (malah ada yg pake lagu pop bahasa Jerman), dan latihan oral yang membangun rasa percaya diri saya berbicara dalam bahasa Jerman yg ternyata sangat penting nantinya.
Dan memang waktu bulan2 awal saya di Swiss, saya tertolong sekali dengan les Jerman ini krn saya terus mengandalkan basic Jerman yg saya dapatkan dalam waktu 1,5 bulan yang singkat les Jerman saya sama S2G:), jadi vielen dank S2G!
Liebe Grüsse von der Schweiz,

Kevin

(16 tahun)

Selama belajar Bahasa Jerman di sini, saya merasa banyak kemudahan yang membantu saya untuk memahami Bahasa Jerman, baik cara membaca, menulis, berbicara, dll. Isi kelas yang tidak terlalu banyak orang justru membuat kelas ini menjadi menyenangkan sekaligus hangat walau di musim hujan. Tentang guru, guru di sini mengajarkan bahasa Jerman dengan sangat jelas. Guru juga tidak melulu terpaku terpaku pada buku teks.

Susy Rahmawati

(22 tahun)

Pendapat saya tentang Step to Germany sangat baik. Karena selama saya kursus di sini (± 5 bulan), saya mendapatkan banyak ilmu, khususnya dari pengajar saya, yaitu Frau Anti, yang sangat sabar dalam mengajar. Caranya mengajar mudah dimengerti dan selalu memberikan masukan-masukan yang baik serta pengetahuan tentang budaya bangsa Jerman. Beberapa kali saya belajar dengan video mengenai materi yang terkait dengan yang sedang saya pelajari. Belajar jadi tidak membosankan.

Saat mempersiapkan ujian A1 saya banyak dilatih mengerjakan soal-soal. Ini membantu saya untuk lebih siap lagi. Pengajar saya sangat peduli dengan keberhasilan saya. Saya sangat senang belajar di Step to Germany. Saya lulus A1 dengan nilai yang memuaskan! Terima kasih, Frau Anti.

Keneth

(22 tahun)

aku belajar bahasa Jerman karena aku ingin melanjutkan kuliahku di Jerman, dan aku memutuskan untuk belajar bahasa Jerman bersama OptimalStudia. Menurutku, OptimalStudia adalah tempat yang sangat baik untuk siapa saja yang ingin belajar bahasa Jerman. Mulai dari guru-guru nya yang memiliki kemampuan berbahasa yang sangat luar biasa, mereka juga sangat ramah, sabar, dan lucu2 :) OptimalStudia juga terletak di lokasi yang sangat strategis dan mudah dijangkau.

OptimalStudia membuat belajar bahasa Jerman menjadi lebih menyenangkan dan membuat aku menjadi lebih semangat lagi untuk belajar bahasa Jerman. Cara mengajar dan penyampaian nya mudah dimengerti dan tidak membosankan. Karena bantuan guru-guru dari OptimalStudia, aku berhasil lulus dari ujian Zertifikat Deutsch serta mendapat nilai 'Sehr Gut'. Pokoknya, Aku sangat berterimakasih kepada OptimalStudia karena sudah sangat membantuku dalam belajar bahasa Jerman :D